Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Cagub Jatim, Eggi Sudjana "Sisir" Madura

Kompas.com - 28/02/2013, 16:18 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pengacara Eggi Sudjana terus mengumpulkan dukungan masyarakat Jawa Timur untuk bekal majunya menjadi calon gubernur melalui jalur independen. Kamis (28/2/2013), Eggi menyisir sejumlah kawasan di dua kabupaten di Pulau Madura, yakni Kabupaten Sumenep dan Pamekasan.

Menurut pengacara mantan Bupati Garut, HM Aceng Fikri ini, di Pulau Madura banyak masyarakat yang kecewa terhadap kepemimpinan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim petahana, Soekarwo-Saifullah Yusuf.

"Padahal warga Madura memiliki peran penting dalam memenangkan mereka saat Pilgub Jatim yang berlangsung tiga putaran pada 2008 lalu," katanya saat masih di Surabaya.

Kekecewaan masyarakat Madura kepada pemimpinnya merupakan indikasi bahwa Gubernur Jatim saat ini mengalami disfungsi kepemimpinan. Artinya, yang ditunjuk untuk memimpin Jatim tidak berhasil melakukan apa yang diinginkan masyarakat dengan kepemimpinannya.

"Di Madura, sumberdaya alamnya berupa minyak, gas bumi, dan peternakannya cukup melimpah, tapi mengapa masih banyak masyarakat miskin, ini aneh," kata Eggi.

Eggi yang mengaku belum mendapatkan pasangan cawagub ini berjanji jika terpilih nanti akan melakukan perubahan dengan cepat dan mendasar di Jatim. Dia bakal menguatkan konsep fungsi kepemimpinan, merombak sistem birokrasi, dan penguatan program pembangunan berbasis potensi sumberdaya alam.

Majunya warga Jawa Barat yang juga Presiden Suara Independen Rakyat Indonesia (SIRI) sebagai cagub Jatim ini didukung sejumlah elemen seperti Kongres Advokat Indonesia Jatim, Laskar Pancasila Jatim, Pekerja Muslim Indonesia, dan Pos Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jatim. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com