Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Makassar, 2 Pesawat Sukhoi Jadi Tontonan Warga

Kompas.com - 22/02/2013, 23:27 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -- Dari enam pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK 2 pesanan pemerintah Indonesia, dua di antaranya telah tiba di Makassar, Jumat (22/02/2013) sekitar pukul 22.15 Wita. Dua pesawat tempur tersebut tiba di Landasan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin Makassar diangkut dengan pesawat Antonov AN-124-100 Flight Number VDA 6132 dengan pilot Gorbunov Vladimir beserta 17 crew.

Rilis yang dibuat Kepala Penerangan Lanud Sultan Hasanuddin, Mayor Sus Mulyadi menyebutkan, pesawat angkut AN -124-100 yang take off dari bandara Dzemgi, Rusia, Rabu (21/02/2013) sekitar pukul 00.30 UTC dengan rute penerbangan bandara Dzengi Rusia-Bandara Ninoy Aq Manila-Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Indonesia.

Kedatangan dua pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK 2 pesanan pemerintah Indonesia menambah kekuatan Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin sebagai home base pesawat tempur SU-27 SKM dan SU-30 MK 2 buatan Komsomolsk-na Amure Aircraft Production Association (KNAPO) Rusia.

Saat ini sudah ada 10 unit pesawat tempur Sukhoi SU-27 SKM dan SU-30 MK 2 yang datang secara bertahap, yaitu tahun 2003 lalu di Lanud Iswahyudi Madiun. Selanjutnya kedatangan pesawat Sukhoi tersebut datang di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar pada tahun 2009 dan 2010 lalu.

Dari pantauan Kompas.com di Lanud Sultan Hasanuddin, pesawat Antonov telah mendarat dan sedang dilakukan bongkar muat yang mengakut dua pesawat Sukhoi. Nampak, warga di Sekitar Lanud Sultan Hasanuddin baik wanita, anak-anak dan orang dewasa menyaksikan pembongkaran pesawat tersebut. Hanya saja, penonton tidak boleh melewati pagar yang dijaga ketat petugas Lanud Sultan Hasanuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com