Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani Warga Lewat Jendela, Dispenduk Dikritik

Kompas.com - 22/02/2013, 17:10 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com -- Gara-gara melayani pembuatan surat-surat administrasi kependudukan melalui lubang kaca jendela, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, menuai kritik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) TTU.

"Kantor Dispenduk Capil itu pendapatannya lumayan yakni sebanyak Rp 257.000.000, tetapi gedungnya kalau layani orang harus buka kaca nako (kaca jendela, red). Jadi saya bingung, masak sih kita perintahkan orang untuk kasih kita uang, tetapi pelayanannya model kayak ini," kata anggota DPRD TTU dari Fraksi Golkar, Agustinus Talan, Jumat (22/2/2013).

Menurut Agustinus, model pelayanan seperti itu terlihat sangat memprihatinkan sehingga pemerintah daerah dan DPRD harus segera memperbaiki gedung dan fasilitasnya untuk memberikan kenyamanan dalam pelayanan ke masyarakat.

"Selain itu gedung kantor Dispenduk Capil itu di bagian atapnya juga sudah mulai rusak," beber Agustinus.

Lanjut dia, DPRD sering menuntut pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, salah satunya dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

"Ya, untuk pembangunan gedung itu tentu dananya sekitar Rp1 miliar saya pikir itu sudah pas," kata Agustinus.

Terkait dengan itu, Ketua DPRD TTU, Robertus Nailiu dan Bupati TTU, Raymundus Fernandes yang hadir dalam rapat pembahasan anggaran antara pemerintah dan DPRD, sepakat untuk menampung masukan dari Agustinus Talan sehingga, anggaran perbaikan Dispenduk Capil akan dibahas dalam perubahan anggaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com