Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Gunung Api

Status Tangkuban Perahu Dinaikkan Jadi Waspada

Jumat, 22 Februari 2013 | 01:44 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi akhirnya menaikkan status Gunung Tangkuban Perahu dari Normal menjadi Waspada. Peningkatan status ini terhitung sejak Kamis (21/2/2013) pukul 22.30. Masyarakat diimbau tidak mendekati kawah aktif dalam radius 1,5 km.

Kepala PVMBG Surono mengatakan, peningkatan status ini dilakukan setelah pada pukul 03.36 WIB, teramati adanya aktivitas tremor vulkanik dan disertai ditemukannya abu tipis halus pada pukul 06.00 WIB di sekitar bibir Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu.

Aktivitas Tremor Vulkanik terjadi lagi saat ini selama 2 jam dengan amplitudo yang cenderung terus meningkat. "Sehubungan dengan peningkatan status tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan meningkatkan pemantauan secara intensif guna melakukan evaluasi kegiatan Gunung Tangkuban Perahu dan dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat," kata Surono.

Dengan kenaikan status ini, masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu diminta tidak mendekati kawah dalam radius 1,5 km. Sementara masyarakat yang bertempat tinggal dalam KRB II untuk selalu waspada dan tetap memperhatikan perkembangan gunung yang dikeluarkan oleh BPBD setempat.


Penulis: Ahmad Arif
Editor : Nasru Alam Aziz