Selasa, 22 Juli 2014

News / Regional

Alat Berat Terguling di Tambang Kapur, Operator Tewas

Rabu, 20 Februari 2013 | 15:17 WIB

TUBAN, KOMPAS.com - Alat berat terguling dan terjatuh dari tebing setinggi 10 meter di area tambang kapur di Desa Menyunyur, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu (20/2/2013) siang. Akibatnya, seorang operator Agus Dian Syahputra warga Tuwiriwetan, Kecamatan Merakurak, tewas di lokasi kejadian.

Tergelincirnya backhoe itu diduga korban menjalankan terlalu ke tepi tebing. Akibatnya tanah kapur jenis pedel longsor dan alat berat itu ikut meluncur ke bawah tebing setinggi 10 meter.

Tubuh korban tergencet backhoe. Jenazahnya divisum di RSUD Koesma Tuban dengan luka parah di bagian tubuh dan kepala. Area tambang ditutup dan dipasangi garis polisi untuk olah tempat kejadian perkara.

Kepala Urusan Bidang Operasional Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Tuban, Inspektur Satu Simon Triyono menuturkan, untuk sementara lokasi tambang batu kapur ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pada 2012, dua warga meninggal tertimpa reruntuhan batu kapur yang ditambang. "Penambang kurang memperhatikan standar keselamatan," tuturnya.

 


Penulis: Adi Sucipto
Editor : Rusdi Amral