Rabu, 3 September 2014

News / Regional

Warga Jateng, Cek Nama Anda di Situs KPU Jateng

Selasa, 19 Februari 2013 | 20:40 WIB

Terkait

SEMARANG, KOMPAS.com - Warga Jawa Tengah yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilihan gubernur (Pilgub) 2013 pada Mei mendatang bisa mengecek namanya di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah. KPU sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Jateng sebanyak 27.415.706 jiwa.

"Namanya DPS online dan sudah bisa diakses sejak Senin (18/2/2013) pukul 18.00 WIB,"ungkap Komisioner KPU Jateng Bidang Sosiallisasi dan Pemutakhiran, Andreas Pandiangan, Selasa (19/2/2013).

Warga bisa membuka alamat www.kpu-jatengprov.go.id. Saat masuk ke situs KPU warga akan disambut dengan lagu tema pilgub dan latar belakang laman berwarna oranye. Kemudian di bagian tengah sisi kanan, akan ditemukan kotak bergambar maskot dan bertuliskan Pilgub Jateng.

"Itu diklik akan muncul kolom, dan warga tinggal memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk)," katanya.

Setelah itu akan muncul nama, alamat dan di tempat pemungutan suara (TPS) mana warga harus melakukan pencoblosan. "Kalau dicek ternyata belum terdaftar, maka akan muncul tulisan maaf Anda belum terdaftar. Nah kalau begitu segera hubungi PPS (panitia pemungutan suara) terdekat sebelum 1 April 2013," jelasnya.

Situs tersebut ungkapnya merupakan usaha jemput bola KPU Jateng agar masyarakat tidak perlu datang ke kantor desa atau kelurahan guna mengecek namanya. Jika belum terdaftar warga bisa mengajukan ke rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 1 April 2013.

"Nantinya bukan hanya DPS, DPT juga rencananya akan diunggah. Namun butuh waktu satu minggu setelah rekapitulasi DPT jadi sekitar tanggal 10 April bisa dicek," tambahnya.

Guna mensosialisasikan program ini, ia berencana akan melakukan sosialisasi di keramaian di pusat kota. Seperti halnya pada Sabtu-Minggu atau pada gelaran car free day yang sudah menjadi kegiatan rutin di Semarang dan Solo.

"Akan ada stand dan masyarakat bisa mencoba sendiri untuk mengeceknya," ujarnya.

Salah satu warga, Wisnu Adhi (30) mengaku mengapresiasi adanya DPS online tersebut. Namun begitu perlu disosialisasikan agar warga juga tahu cara penggunaan serta fungsinya.

"Bagus sih, cuma bagi yang belum tahu internet mungkin kesusahan. Makanya perlu sosialisasi lagi," ujar warga Semarang Utara ini.

Ia sendiri mengaku sudah mengecek namanya di situs tersebut dan ternyata terdaftar. "Yang penting sosialisasinya, malahan sampai sekarang juga masih banyak yang belum tahu kapan pilgubnya," kata dia.


Penulis: Kontributor Semarang, Puji Utami
Editor : Heru Margianto