Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posko Tim Sukses Mulai Menjamur di Ambon

Kompas.com - 19/02/2013, 17:10 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com -- Jelang perhelatan Pemilihan Gubernur Maluku Juni 2013 mendatang, posko pemenangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku mulai tampak menjamur di sejumlah kawasan di Kota Ambon.

Pantauan Kompas.com Selasa (19/2/2013) di sejumlah kawasan, seperti di Batu Merah, Galunggung, Waihaong, Belakang Soya, Karang Panjang, Mardika dan sejumlah kawasan lainnya tampak posko pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur mulai dibangun warga.

Posko yang dibangun masyarakat tersebut yakni posko pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa (Tulus), pasangan Said Assagaf - Zeth Sahuburua (Setia), pasangan Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe, dan posko pasangan lainnya.

Posko-posko tersebut umumnya dihiasi dengan gambar pasangan calon serta gambar partai dan bendera partai pengusung. Posko itu juga dicat dengan warna sesuai partai pengusung. Uniknya, hampir sebagian besar posko diberikan fasilitas TV oleh tim sukses calon gebernur.

Rata-rata, posko itu didirikan di rumah warga, tapi ada juga di pangkalan ojek. Sejumlah warga menuturkan, pemandangan seperti ini sudah lazim saat musim pilkada tiba.

"Biasanya saat menjelang pilkada posko-posko terlihat di sejumlah kawasan. Dulu waktu pemilihan wali kota juga seperti ini, jadi ini memang sedang musiman," kata Abukarim.

Salah seorang tukang ojek di belakang Soya, Martinus Tiwery mengatakan, pangkalan ojeknya saat ini juga dijadikan posko salah satu kandidat gubernur. Menurutnya, hal tersebut sudah biasa terjadi.

Menurutnya, pilgub merupakan pesta rakyat sehingga siapapun berhak untuk berpartisipasi. "Bukan di sini saja, banyak pangkalan ojek juga dijadikan posko, dan ditempel foto pasangan calon. Ini biasalah, kan ini juga pesta rakyat, jadi siapapun berhak berekspresi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com