Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertahan Empat Jam Terjepit Reruntuhan Rumah, Korban Longsor Akhirnya Meninggal

Kompas.com - 17/02/2013, 16:56 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Rafda, seorang wanita yang terjepit di reruntuhan rumah yang terkena musibah tanah longsor di Perumahan Citra Land, Manado, Sulawesi Utara, akhirnya meninggal dunia setelah lebih kurang empat jam bertahan hidup di reruntuhan bangunan, Minggu (17/2/2013).

Tim Penyelamat berusaha mengeluarkan Rafda dari reruntuhan. Bangunan yang rusak parah membuat usaha penyelamatan berlangsung sulit dan lama. Tim dokter memberikan pasokan oksigen pada Rafda. Antara sadar dan tidak, Rafda yang sebagian besar badannya terjepit terlihat berseru minta tolong di depan para petugas yang berusaha mengeluarkan tubuhnya dari reruntuhan.

Namun sayang, kondisi tubuh Rafda yang melemah membuatnya tidak bisa bertahan. Setelah empat jam mencoba bertahan, ia akhirnya meregang nyawa.

Selain Rafda, ada juga Lady yang tewas tertimpa reruntuhan rumah. Tim SAR hingga kini masih berusaha mengeluarkan korban.

Banjir dan longsor melanda Kota Manado sejak pukul 01.00 Wita Minggu. Informasi yang disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran persnya, Minggu, menyebutkan, banjir dan longsor terjadi di 7 kecamatan di Kota Manado yaitu Kecamatan Tikala, Paal Dua, Singkil, Tuminting, Wanea, Sario dan Wenang.

Data sementara BNPB menyebutkan, bencana alam itu menyebabkan 10 orang meninggal, dengan rincian 9 orang tertimbun longsor dan 1 orang hanyut. Sekitar 1.000 lebih rumah dari 7 kecamatan di Kota Manado telah terendam banjir dengan ketinggian air hingga mencapai 2 meter. Pengungsi mencapai 1.200 orang.

Menurut Sutopo, kemungkinan korban dapat bertambah karena longsor terjadi di beberapa kawasan. Evakuasi korban masih terus dilakukan, namun terkendala banjir yang masih menggenangi beberapa wilayah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com