Minggu, 31 Agustus 2014

News / Regional

Ini Longsor Terbesar di Tol Cipularang

Selasa, 12 Februari 2013 | 23:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Longsor yang terjadi di Kilometer 100 ruas Tol Purbaleunyi atau biasa disebut Tol Cipularang arah Bandung-Jakarta, Selasa (12/2/2013) malam, merupakan insiden terbesar sepanjang operasional ruas jalan tersebut.

"Ini longsor terbesar sejak tol itu dioperasikan karena timbunan longsornya hingga menutup satu jalur sebaliknya, Jakarta-Bandung," kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga Tbk David Wijayatno saat dihubungi di Jakarta, Selasa malam.

PT Jasa Marga Tbk menargetkan Tol Cipularang, khususnya Kilometer 100 jalur Bandung-Jakarta sudah bisa dilalui pada Rabu. Petugas dari BUMN tol tersebut bersama pihak terkait masih berupaya membersihkan jalan tol dari timbunan tanah longsor dan bebatuan yang setinggi 2-3 meter tersebut.

"Kami mengerahkan tiga eskavator dari Bandung tiga unit. Jika kurang, maka akan kami tambah. Targetnya, besok bisa dilalui," katanya.

David juga menegaskan bahwa tidak ada korban dalam peristiwa itu dan ini merupakan kejadian pertama longsor di Km 100 Tol Cipularang.

Ditanya apakah setelah pembersihan, jalur di Km 100 langsung bisa digunakan untuk berlalu lintas; David belum bisa memastikannya. Pihaknya akan berkonsultasi dulu dengan pihak berkompeten, seperti para ahli jurusan geologi geoteknik Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melihat apakah bukit tersebut dan kontur tanahnya sudah benar-benar stabil.

"Kami akan libatkan teman-teman dari geoteknik ITB untuk memastikan bahwa bukit di Km 100 itu benar-benar stabil dan tak longsor lagi. Jadi, safety (keamanan dan keselamatan) kami utamakan," katanya.

Akibat longsor, ruas dari Bandung menuju Jakarta tertutup total. Arus kendaraan dialihkan ke Ruas Cikamuning dan dialihkan ke arah Padalarang Timur.

"Beberapa kendaran sempat terjebak saat longsor mulai turun dan menutup lajur jalan, menyebabkan antrean kendaraan sepanjang satu kilometer. Mereka yang hendak menuju exit tol terdekat terpaksa melawan arah," kata Sardi.

Selain ruas menuju Jakarta, ruas dari Jakarta menuju Bandung di sekitar Km 100 juga tertutup longsoran dan menyisakan bahu jalan.


Editor : Tri Wahono
Sumber: