Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi Longsor Tol Cipularang Sampai Tiga Meter

Kompas.com - 12/02/2013, 23:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hujan deras pada Selasa (12/2) sore hari menyebabkan longsor tebing Jalan Tol Cipularang sehingga menutup ruas tol Cipularang Km 100 arah Bandung ke Jakarta sepanjang sekitar 100 meter. Longsoran ini menutupi tiga ruas jalan tol sekitar pukul 18.30 WIB.

Informasi itu disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya, Selasa (12/2/2013) malam.

"Longsor berada di Km 100 Desa Sawit, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jabar. Tinggi material longsor mencapai 2-3 meter sehingga hanya ada satu ruas yang bisa digunakan oleh pengendara," tulis Sutopo, Selasa malam.

Untuk mengatasi kemacetan, kendaraan dialihkan di pintu tol Padalarang dan Cikamuning. Petugas kepolisian dan Jasa Marga saat ini masih di lapangan untuk membantu pengalihan arus dan berusaha membuka jalur.

"Alat berat diupayakan di lokasi untuk membersihkan material. Hujan dan malam hari menjadi kendala pembersihan longsor," lanjut Sutopo lantas menyatakan tidak ada korban jiwa akibat longsor ini.

Dia menjelaskan, ruas jalan tol Cipularang sepanjang Km 80 – 100 merupakan daerah rawan longsor. Beberapa kejadian longsor pernah terjadi di ruas jalan tersebut seperti di Km 84; 92,4; 96,8; 98,4 dan sebagainya.

Kondisi batuan yang labil dengan tipe longsoran merayap, sering menimbulkan longsor. Batuan ini terdapat di sekitar Km 84, Kampung Ciganea, Jatiluhur. Kontur tanah yang labil juga mengakibatkan tebing rawan longsor.

Upaya mengatasi longsor tebing ruas jalan tol telah dilakukan oleh Jasa Marga seperti membangun tembok penahan tebing setinggi 5 meter. Bahkan, pada tahun 2013 ini PT Jasa Marga mengalokasikan dana Rp 45 miliar untuk mengatasi longsor di tol Cipularang. Dana sebesar Rp 30 miliar digunakan untuk mengantisipasi longsor, dan sisanya untuk perbaikan permukaan jalan bebas hambatan tersebut.

Mengingat masih tingginya curah hujan hingga akhir Maret 2013, dikhawatirkan akan mengakibatkan longsor susulan di sepanjang ruas tol Cipularang. Untuk itu, Sutopo mengimbau kepada pengguna jalan, baik dari Jakarta menuju Bandung maupun sebaliknya, agar berhati-hati saat melintasi tol Cipularang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com