Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disayangkan, Golkar Tak Usung Kader Sendiri

Kompas.com - 09/02/2013, 15:05 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Golkar Jatim dianggap kehilangan roh perjuangannya, jika dalam ajang pemilihan gubernur Jawa Timur 2013 tetap tidak mengusung kader sendiri menjadi gubernur atau wakil gubernur.

Di Jatim, kata Wakil Bendahara DPP Partai Golkar, Ridwan Hisjam, Partai Golkar bukan partai kecil. Memiliki 11 kursi di parlemen memungkinkan partai Golkar mengusung calon sendiri meski harus berkoalisi dengan partai lain.

''Secara politik, ini adalah peluang untuk lebih membesarkan partai di Jatim,'' katanya, Sabtu (9/2/2013).

Dua kali suksesi Pilgub Jatim, Partai Golkar sebelumnya telah mengsung kadernya sebagai cagub dan cawagub. Pada 2003 (Kahfi-Ridwan Hisjam) dan 2008 (Soenarjo-Ali Maschan Moesa), namun pada 2013, hingga saat ini Golkar belum juga menetapkan kadernya sebagai kontestan pilgub Jatim.

''Jika tahun ini Golkar tidak mengusung kadernya sendiri, berarti pengurus DPD gagal mengemban amanat partai,'' ujarnya.

Dalam Pilgub Jatim yang digelar Agustus nanti, Golkar Jatim mengusulkan cagub petahana Soekarwo sebagai cagub Jatim sesuai hasil Rakerda Golkar akhir bulan lalu. Untuk wakilnya, Golkar menawarkan enam nama kadernya sendiri.

Sementara Soekarwo, memastikan akan menggandeng cawagub petahan Saifullah Yusuf. Lalu, Partai Golkar mengancam tidak akan merekomendasi Soekarwo jika tetap ngotot menggandeng Saifullah Yusuf. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com