Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh, Dua Cagub Bali Diusung 3 Partai yang Sama

Kompas.com - 07/02/2013, 02:17 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bali diwarnai sedikit kekisruhan karena ada dua calon gubernur yang diusung oleh tiga partai yang sama. Pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta (Pastikerta) yang mendaftar pada Sabtu lalu diajukan oleh Partai Gerindra, PKPB, dan Partai Pakar Pangan, sementara pasangan Gede Winasa-Putu Sudiartana yang baru mendaftar hari ini juga diusung tiga partai tersebut.

Menanggapi hal ini, KPU Provinsi Bali akan meminta konfirmasi terhadap dewan pimpinan pusat dan daerah dari ketiga partai itu dalam proses verifikasi yang dimulai besok. "Ada tiga partai yang sama. Saat verifikasi kami akan menanyakan ke DPP, mana yang benar dan yang tidak," ujar Ketua KPU Bali Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa seusai pendaftaran cagub di kantornya, Rabu (6/2/2013) sore.

Winasa mengaku mendapat dukungan Partai Gerindra langsung dari DPP Gerindra. "Kami langsung tanda tangan Ketum dan Sekjen DPP (Gerindra)," kata Winasa.

Hasil verifikasi cagub dan cawagub Bali akan diumumkan KPU Bali pada 29 Maret mendatang. Dalam Pilgub Bali 2013, pasangan Pastikerta dicalonkan oleh 9 parpol koalisi, sementara Winasa-Sudiartana dijagokan oleh 28 parpol koalisi, termasuk tiga parpol yang mendukung Pastikerta. Winasa-Sudiartana menjadi cagub terakhir yang mendaftar setelah Pastikerta dan Puspayoga-Sukrawan (PAS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com