Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maju Pilgub Jatim, Eggi Sudjana Dekati Untung S Rajab

Kompas.com - 06/02/2013, 16:27 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kuasa hukum Bupati Garut Aceng Fikri, Eggi Sudjana disebut-sebut mendekati mantan Kapolda Metro Jaya Untung S Radjab untuk mendampinginya dalam memburu kursi Gubernur Jawa Timur. Seperti diberitakan, Eggi berencana maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim melalui jalur independen.

Presiden Suara Independen Rakyat Indonesia (SIRI) itu tidak membantah bahwa dirinya sudah berkomunikasi intensif dengan purnawirawan polisi yang juga mantan Kapolda Jatim itu. ''Sekarang masih dalam pembahasan tentang posisi cagub dan cawagubnya,'' kata Eggi, Rabu (6/2/2013).

Figur Untung, kata Eggi, sangat tepat menjadi pemimpin Jatim. Purnawirawan polisi yang asli Jatim itu juga sangat paham bagaimana membangun Jatim. ''Menurut saya, popularitas dan elektabilitasnya juga cukup kuat di Jatim,'' terangnya.

Beberapa pekan terakhir, Eggi mengaku kerap menggelar aksi sosial dan safari politik ke beberapa daerah di Jatim. Dia mengaku tidak akan menggunakan politik uang dalam menggalang dukungan. Pihaknya lebih memilih strategi dengan mengetuk kesadaran masyarakat, dengan menggunakan teori baku urus, yakni saling mengurus.

Sejumlah elemen sudah menyatakan akan mendukungnya sebagai cagub Jatim melalui jalur independen selain SIRI, seperti Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), Kongres Advokat Indonesia, LSM Laskar Pancasila, dan jalur asosiasi perangkat desa (LKMD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com