Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tatang Bidik Suara Pemilih Perempuan

Kompas.com - 04/02/2013, 20:53 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut dua Tatang Farhanul Hakim, mengaku tengah membidik suara pemilih perempuan. Alasannya, jumlah pemilih perempuan lebih banyak ketimbang jumlah pemilih laki-laki dan kaum perempuan memiliki kekuatan sosialisasi tersendiri dalam berpolitik.

"Iya kan perempuan dianggap lebih bisa dalam menginformasikan dan mensosialisasikan nantinya di kalangan masyarakat. Terlebih salah satu program pasangan Yance-Tatang, mengangkat derajat perempuan. Jadi nantinya tidak akan ada perbedaan gender," jelas Tatang saat bertemu para aktivis perempuan di salah satu rumah makan di Kota Tasikmalaya, Senin (4/2/2013) petang.

Tatang yang berpasangan dengan calon gubernur Irianto MS Syafiuddin alias Yance tersebut, menilai kaum perempuan kini telah memiliki peranan penting di pemerintahan. Itu terbukti dengan banyaknya kaum perempuan yang memiliki jabatan strategis di pemerintahan, baik legislatif maupun eksekutif.

"Sekarang saja di Kabupaten Tasikmalaya banyak kepala desa yang perempuan. Jadi, bukan hanya oleh laki-laki saja sekarang yang menjadi pemimpin di sebuah wilayah atau daerah," kata Tatang yang juga mantan Bupati Tasikmalaya dua periode tersebut.

Dengan demikian, Tatang dan pasangannya mengaku telah memiliki beberapa program untuk mendukung kesamaan gender. Salah satunya, akan melakukan upaya program yang nantinya mampu menyejahterakan masyarakat Jawa Barat melalui peran kaum perempuan di berbagai bidang.

Langkah itu, nantinya akan membantu peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Barat. Peningkatan IPM tentunya tak terlepas dari tiga faktor penting yaitu pendidikan, kesehatan dan daya beli. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan meminimalisir jumlah angka kemiskinan di Jawa Barat.

"Dengan pengalaman pasangan Intan (Irianto dan Tatang) sebagai kepala daerah, tentunya kami akan mengaplikasikan keberhasilan kami melalui program jika sampai kami terpilih. Malah, ada salah program pak Yance bahwa warga miskin yang berobat ke rumah sakit akan sama sekali tidak akan bayar apapun," kata Tatang.

Tatang pun optimistis akan mampu memenangkan perhelatan pemilihan gubernur tahun ini. Terlebih adanya strategi pembagian tugas antara dirinya dan Yance. "Kekuatan kami menyebar di semua wilayah Jawa Barat. Kalau tugas antara saya dan Pak Yance, saya ditugaskan memenangkan suara di wilayah Priangan dan pak Yance di wilayah Pantura (Pantai Utara Jawa Barat)," kata Tatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com