Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Diminta Tangkap Pembunuh Merry Grace

Kompas.com - 04/02/2013, 07:08 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Polisi diminta segera menangkap HJM, tersangka pelaku pembunuhan Yosephin Keredok Payong alias Merry Grace, yang diduga berada di Kalimantan.

Anton Peten (39) salah satu anggota keluarga Merry Grace di Kupang, Senin (4/2/2013) mengatakan, pelaku pembunuhan sudah jelas HJM karena dari semua saksi yang diperiksa menyebutkan HJM.

"Polisi tidak boleh membiarkan pelaku pembunuhan Merry berkeliaran bebas. Dia saat ini bekerja di salah satu perusahaan di Kalimantan," katanya.

"Saksi kunci berinisial Vn dalam kasus pembunuhan tahun 2002 itu sudah menjelaskan secara rinci  bagaimana Merry dihabisi oleh HJM di Desa Lela, Sikka. HJM kemudian menceritakan semua kejadian kepada Vn dan berjanji menikahi Vn," kata Peten.

Ternyata, HJM membohongi Vn. Padahal, Vn sudah ke kampung asal HJM di Lamahelang Adonara Flores Timur tahun 2010 dan menetap bersama HJM selama beberapa bulan. Karena merasa diperlakukan tidak adil juga Vn yang warga Maumere itu kembali ke Maumere.

Vn mulai menceritakan kisah pembunuhan itu tahun 2010 ke sejumlah teman dekat, termasuk pimpinan lembaga keagamaan setempat tetapi tidak ditanggapi. Vn kemudian menemui anggota keluarga korban yang ada di Maumere, menceritakan kasus ini, dan dilaporkan ke polisi.

Kini, pihak keluarga mendesak polisi segera menangkap dan memeroses hukum HJM sesuai aturan berlaku.

"Perilaku HJM sangat biadab, kanibal dan tak berperikemanusiaan. Di Adonara laki laki tidak boleh bertindak kasar terhadap perempuan apalagi membunuhnya secara sadis. Tapi HJM bisa melakukan itu," kata Peten. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com