Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPD Nilai Gubernur dan DPRD Lampung Tidak Konsisten

Kompas.com - 04/02/2013, 06:46 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Gubernur dan DPRD Lampung dinilai tidak konsisten mendukung pelaksanaan pemilihan gubernur Lampung di 2013 ini. Sebab, hingga kini belum ada pembahasan tentang anggaran pilgub itu.

"Mereka tidak konsisten karena hingga kini (dana pilgub) Lampung belum juga dianggarkan di APBD," ujar Isnan Subkhi dari Koalisi Pro Demokrasi terkait pemajuan jadwal pilgub Lampung di 2013, Minggu (3/2/2013) malam.

Menurut Isnan, tidak ada alasan lagi bagi para stakeholder terkait untuk tidak mendukung pelaksanaan pilgub di 2013 dan segera membahas APBD 2013 Perubahan. "Sudah disimpulkan bahwa pilgub harus dilaksanakan di 2013 dan kini Perppu sedang dibuat oleh Mendagri," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan menyatakan, pihaknya akan mematuhi putusan pemerintah pusat yang akhirnya memutuskan memajukan jadwal pilgub Lampung dan pemilu kada di sejumlah lainnya setahun lebih awal dari habisnya masa jabatan kepala daerah di situ.

Namun, Marwan mengatakan, pihaknya memilih menunggu terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) sebagai payung hukum pemajuan jadwal pilgub itu sebelum membahas soal anggaran pilgub.

Terkait hal ini, aktivis Koalisi Pro Demokrasi akan berunjuk rasa, Senin (4/2/2013) di Bandar Lampung menuntut pemerintah pusat dan Mendagri untuk segera menerbitkan Perppu tersebut dan mengakhiri tarik ulur polemik tentang jadwal pilgub Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com