Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Janjikan Sigap Atasi Sampah Sisa Banjir

Kompas.com - 26/01/2013, 20:37 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku telah memerintahkan Dinas Kebersihan DKI untuk segera membersihkan sampah sisa banjir. Hal ini disampaikannya seusai ia meninjau keadaan banjir di Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Nanti untuk menanggulangi sampah, Dinas Kebersihan sudah kami calling. Konsentrasi kami menuju Luar Batang, Muara Baru, Penjaringan, Pluit supaya sampah dibereskan," kata Jokowi, di Luar Batang, Jakarta, Sabtu (26/1/2013).

Jokowi juga akan meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI untuk membantu melakukan penyedotan air yang masih tergenang di kawasan itu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Luar Batang, Penjaringan, air masih tergenang sekitar 30 cm dan sampah juga ikut tergenang. "Di sini juga harus dibersihkan karena airnya kotor berbahaya. Setelah disedot, sampah akan diangkut," ujar Jokowi.

Warga korban banjir di Penjaringan, Jakarta Utara, meminta langkah konkret Jokowi untuk segera menyelesaikan permasalahan sampah pascabanjir. Di lokasi banjir Penjaringan itu, tumpukan sampah terlihat di depan rumah warga dan di tepi jalanan perumahan.

Seorang warga Luar Batang, Brina (31), mengatakan, tumpukan sampah yang berada di lingkungannya berasal dari sampah rumah tangga dan sampah akibat luapan air laut pasang. "Iya, ini sampahnya sudah menumpuk banget. Belum ada yang angkut sampai sekarang," kata Brina.

 "Kalau sampah masih menumpuk terus, besok air pasang, ya, bakalan tergenang lagi, kotor lagi," ujar Brina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com