Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Lahar Dingin, 80 Lampu Dipasang di Sungai

Kompas.com - 26/01/2013, 15:15 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Erupsi Merapi yang terjadi pada 2010 lalu masih menyisakan material lahar dingin yang sewaktu-waktu bisa turun ketika hujan intensitas tinggi turun di puncak Merapi.

Guna memantau datangnya lahar dingin tersebut, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sleman memasang 80 lampu tembak di sepanjang sungai yang berhulu di Lereng Merapi.

Kepala Dishubkominfo Sleman, Agoes Soesilo Indarto mengatakan, pengamatan lewat CCTV tidak begitu efisien jika malam hari, sehingga butuh penerangan lebih guna membantu pengamatan baik lewat CCTV maupun visual.

"Kami sudah pasang 80 lampu tembak di sepanjang sungai Gendol, Opak, Kuning dan Boyong. Titik-titik pemasangan didasarkan pada kerawanan wilayahnya sehingga lampu benar-benar berguna," terangnya saat ditemui di posko induk, Sabtu (26/01).

Ia menjelaskan, selain berfungsi untuk pengamatan, pemasangan lampu tembak juga untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat yang tinggal di sekitar sungai. Pihaknya meminta kesadaran masyarakat agar turut menjaga dan merawat keberadaan lampu tembak yang terpasang di sepanjang sungai.

"Musim hujan lalu saja ada 3 unit lampu yang hilang di daerah sekitar aliran Kali Gendol. Karena itu mari kita bersama-sama menjaga dan merawat keberadaan lampu tersebut," tegasnya.

Agoes Soesilo mengakui bahwa pihaknya tidak mungkin memeriksa lampu secara intens karena keterbatasan petugas.

"Dishubkominfo juga membentuk tim 19. Tim ini disiapkan untuk menangani permasalahan listrik, lampu, hingga pengalihan arus saat terjadi bencana," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com