Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Hindari Perahu Nelayan, KM Dharma Kartika Kandas

Jumat, 25 Januari 2013 | 14:59 WIB

BONE, KOMPAS.com — Sebuah feri yang membawa 153 penumpang kandas di perairan Bone atau sekitar 1 mil dari Pelabuhan Bajoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (24/1/2013) sekitar pukul 21.00 Wita. Kapal Motor (KM) Dharma Kartika bertolak dari Bajoe menuju Pelabuhan Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Tim SAR langsung mengevakuasi para penumpang lalu membawa mereka kembali ke Pelabuhan Bajoe.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, KM Dharma Kartika kandas setelah menghindari perahu nelayan. "Kapalnya menghindar ke kanan karena menghindari perahu nelayan yang melintasi rute menara suar," ucap Andi Abbas, Kepala Syahbandar Pelabuhan Bajoe, Jumat (25/1/2013).

Sementara itu, 35 kendaraan roda empat dan puluhan kendaraan roda dua milik penumpang tertahan di kapal, menunggu pemindahan kapal. "Kendaraan penumpang akan dievakuasi setelah kapal kembali biasa jalan", ujar Abbas.

Sementara itu, sejumlah penumpang mengaku shock ketika kapal kandas. "Saya kira kapal mau tenggelam, jadi banyak penumpang berteriak-teriak, bahkan ada yang mau melompat ke laut," tutur Yuliana, penumpang tujuan Kendari.

Para petugas pelabuhan masih berupaya memindahkan kendaraan, terdiri dari 35 mobil dan 80 sepeda motor, yang berada di palka kapal.


Penulis: Kontributor Bone, Abdul Haq
Editor : Kistyarini