Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indahnya Palangkaraya, "Calon Ibu Kota" Pengganti Jakarta

Kompas.com - 23/01/2013, 02:50 WIB

Oleh: Gilang Rahmawati
 Kompasiana: Gilangrahmawati

Banjir Jakarta yang terjadi selama beberapa hari memunculkan kembali wacana pemindahan ibu kota negara. Konon, Palangkaraya menjadi pilihan sebagai calon ibu kota pemerintahan Indonesia yang baru.

Sebagai warga asli di Palangkaraya, wacana ini mendorong saya untuk memperlihatkan seluk-beluk Kota Palangkaraya yang kini menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Banyak hal yang bisa dibanggakan dari kota ini, salah satunya hutan lebat nan rimbun. Setiap bangunan yang didirikan selalu ada pohon besar yang meneduhinya.

Saat berkendara dari Bandara Udara Tjilik Riwut menuju pusat kota, Anda akan menemui area pepohonan lebat terbentang di sepanjang jalan. Di ujung jalan bandara terdapat Bundaran Burung yang dihiasi dengan patung burung Enggang, salah satu satwa khas Kalimantan.

Selain Bundaran Burung, Palangkaraya masih memiliki dua bundaran lagi, yaitu Bundaran Besar dan Bundaran Kecil. Bundaran Besar merupakan titik pusat kota. Persis di depan Bundaran Kecil, terdapat sebuah taman kota yang luas dan asri.

Tidak jauh dari Bundaran Besar, terdapat Tugu Soekarno di Jalan S Parman. Tugu ini memiliki ikatan sejarah dengan proklamator Soekarno seperti dijabarkan dalam buku berjudul ”Soekarno dan Desain Rencana Ibu Kota RI di Palangkaraya”.

Dari Tugu Soekarno, Anda bisa melihat pemandangan Sungai Kahayan, sungai kebanggaan Palangkaraya. Tepat di atas sungai berdiri Jembatan Kahayan yang megah. Lampu warna-warni akan meramaikan jembatan ini di malam hari sehingga terlihat indahnya sungai ini.

Bagaimana dengan obyek wisatanya? Di sini terdapat banyak obyek wisata yang teduh karena identik dengan rimbunnya pohon. Anda bisa berkunjung ke Bukit Tangkiling, Batu Banama, Danau Tahai, Danau Gaul (Pal 21), Rawa Rofi, atau Kum-Kum.

Para wisatawan yang datang ke kota ini biasanya tidak melewatkan ke¬sempatan menyusuri Sungai Kahayan dengan menaiki klotok, kapal kecil bermesin yang dikenal sebagai sarana transportasi khas Kalimantan Tengah. [http://kom.ps/ADbWBH]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com