Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascagempa, Aktivitas Warga Kembali Normal

Kompas.com - 22/01/2013, 08:11 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Setelah dua gempa mengguncang Banda Aceh, Selasa (22/1) pagi ini, aktivitas warga kembali normal. Sebagian warga yang sejak subuh meninggalkan rumah mereka kini kembali dan bersiap melakukan aktivitas rutin.

Yusuf (42), warga Bitai, yang sejak subuh meninggalkan rumah dan memilih berada di kawasan yang jauh dari pesisir, memutuskan kembali dan bersiap beraktivitas. "Dari informasi teman-teman relawan RAPI, kondisi aman. Jadi, kami kembali ke rumah. Tadi pergi menjauh karena saya punya bayi. Jadi, memilih mencari tempat aman saja sambil memantau situasi," kata Yusuf.

Awir, warga Kota Calang, juga mengabarkan bahwa kondisi di Kota Calang sudah berangsur normal. "Memang ada kepanikan, tapi sekarang sudah normal. Warga sudah bersiap-siap menuju tempat kerja mereka, bahkan anak-anak pun sudah siap-siap ke sekolah," ujarnya.

Di Kota Banda Aceh, jalan-jalan sudah mulai dipadati warga yang bergegas menuju tempat kerja masing-masing. Kegiatan di pasar-pasar tradisional pun sudah bergeliat seperti biasa.

Gempa mengguncang Aceh sekitar pukul 05.22. Gempa juga dirasakan di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya. Gempa pertama dirasakan hampir 30 detik. BMKG melaporkan, guncangan gempa terjadi dua kali. Gempa pertama berkekuatan 6,0 skala Richter (SR) dengan kedalaman 84 kilometer. Gempa susulan terjadi pada pukul 05.47 dengan kekuatan 5,1 SR. Pusat gempa berada 16 kilometer di barat laut Banda Aceh di kedalaman 12 kilometer. Kedua gempa ini menurut BMKG tidak berpotensi tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com