Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Organik Membikin Sehat

Kompas.com - 22/01/2013, 07:45 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Kesadaran masyarakat mengonsumsi beras organik semakin meningkat. Beras organik saat ini banyak dikonsumsi karena tidak hanya kualitas rasanya yang enak, tetapi juga menyehatkan.

Pedagang beras organik di Semarang, Jawa Tengah, Budiyanto, mengatakan, pesanan beras organik kini bertambah terus. Kalau normalnya pesanan hanya 2-3 ton per bulan, kini sudah mencapai 4 ton per bulan.

"Beras organik tersedia tiga jenis, yaitu beras menthik susu, beras hitam, dan beras merah. Beras organik kalau dimasak tidak cepat basi dan rasa nasinya pulen," kata Budiyanto, Selasa (22/1/2013).

Harga beras organik bervariasi. Harganya antara Rp 9.000 dan Rp 10.500 per kilogram. Beras didatangkan dari Delanggu, Klaten, Boja, Kendal, serta Susukan, Kabupaten Semarang.

Menurut Fatria, konsumen beras organik di Banyumanik, Semarang, sejak keluarganya beralih ke beras organik, anggota keluarga jarang sakit.

Kuantitas konsumsi beras pun lebih hemat. Jika mengonsumsi beras anorganik, biasanya sampai 25 kilogram per bulan untuk empat orang, saat ini cukup 15 kilogram per bulan.

"Harus diakui meski ada penghematan beras, tidak menghemat biaya karena beras organik mahal. Namun, mahal tidak mengapa, kami dapat kesehatan," ujar Fatria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com