Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pekan 43 Kasus DBD di Gresik

Kompas.com - 21/01/2013, 19:31 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com - Selama tiga pekan Januari 2013 ada 43 kasus demam berdarah dengue di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tahun 2012 lalu hingga November tercatat 365 kasus dan tiga orang meninggal dunia. Pada 2011 tercatat 365 pasien, dua orang meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan Gresik, Sugeng Widodo, Senin (21/1/2013) meminta agar masyarakat lebih berhati-hati. Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sangat penting terutama meniadakan jentik nyamuk pada genangan air. "Bak mandi, serta tempat lain yang memungkinkan ada genangan air perlu diwaspadai. Membersihkan bak mandi secara berkala dan menyingkirkan benda-benda yang menjadi sarang nyamuk sangat penting," katanya.  

Foging hanya bisa dilakukan apabila suatu daerah benar-benar terjangkit DBD dan ada penderita DB pada radius 200 meter dari penderita lainnya. Foging (pengasapan) juga disertai pemeriksaan epidemologi (PE) oleh petugas. "Jika memang menunjukkan banyak jentik nyamuk maka harus dilakukan foging," tuturnya.

Ia menjelaskan, tidak semua kasus DBD harus dilakukan penyemprotan sebab ada saja penderita terkena DBD dari tempat lain bukan dari lingkungannya. Umumnya DB biasanya ditandai dengan panas demam tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com