Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Rusak Kepung Jakarta

Kompas.com - 21/01/2013, 03:25 WIB

Jakarta, Kompas - Banjir hampir sepekan terakhir menyebabkan kerusakan infrastruktur jalan di Jakarta dan sekitarnya. Jalan berlubang itu tidak hanya menghambat mobilitas, tetapi juga membahayakan pengguna jalan. Namun, perbaikan hanya bisa dilakukan saat jalan kering.

”Kerusakan jalan terjadi di semua wilayah Jakarta. Tingkat kerusakan sangat cepat karena sering tergenang. Kami akan perbarui lagi data terakhir, semua rekan wilayah masih mendata,” tutur Maman Suparman, Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PU DKI Jakarta, Minggu (20/1).

Kerusakan di Jalan Thamrin dan Sudirman belum dapat diperbaiki karena jalan masih basah. Sebagian sisi Jalan Thamrin bahkan masih tergenang karena menjadi tempat pembuangan air sedotan dari basemen Gedung UOB. Kerusakan serupa terjadi di Jalan HR Rasuna Said.

Kerusakan di ruas jalan ini terjadi di jalur lambat yang membahayakan pengguna sepeda motor. ”Sebagian ruas yang kering kami kebut perbaikannya. Karena lokasinya begitu banyak, kami melakukan prioritas perbaikan,” kata Maman lagi.

Pekan lalu, kerusakan jalan di DKI Jakarta terjadi di 6.246 wilayah dengan luas kerusakan 2,532 juta meter persegi. Saat ini, Maman memperkirakan jumlah kerusakan meningkat hingga 10 persen. Namun, persisnya saat ini masih dalam pendataan.

Perbaikan jalan dilakukan dengan mengerahkan 10 tim yang masing-masing terdiri dari enam hingga 10 orang. Mereka bekerja siang malam bergantung pada cuaca. ”Jika hujan, perbaikan tidak dapat kami lakukan,” katanya.

Berdasarkan pengamatan, jalan rusak berupa lubang terjadi di beberapa lokasi di Jalan Pos Pengumben, Jakarta Barat. Jalan rusak juga terlihat di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Di Jakarta Selatan, kerusakan jalan terlihat mulai di Bintaro yang berbatasan dengan Tangerang Selatan. Selain itu, jalan berlubang dan bertabur kerikil kecil yang licin jika dilalui kendaraan bermotor mudah ditemukan di Jalan TB Simatupang, mulai dari Lebak Bulus hingga Pasar Minggu.

Beberapa kawasan yang sebelumnya terendam banjir, seperti di Jalan Abdulah Syafe’i di Tebet, Jalan Bangka di Kemang, Pejaten di Pasar Minggu, serta sebagian jalan di Rawajati, Kalibata, Pancoran, juga rusak.

Kondisi serupa terjadi di Tangerang Selatan. Nyaris seluruh ruas jalan di kota ini berlubang dan bergelombang. Jalan-jalan itu tersebar di kawasan seperti Pamulang, Serpong, Pondok Aren, dan Ciputat. Padahal, sebagian jalan yang hancur itu baru selesai diperbaiki beberapa pekan terakhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com