Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ringroad" Selatan Yogya Ambles, Seorang Kakek Tewas Terjerumus

Kompas.com - 20/01/2013, 20:13 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Hujan lebat yang mengguyur Yogyakarta akhir-akhir ini mengakibatkan jalan lingkar selatan Yogyakarta di Desa Singosaren, Banguntapan, Bantul, ambles sepanjang 15 meter selebar 7 meter dengan kedalaman 9 meter, Minggu (20/1/2013) sekitar pukul 05.30. Akibat peristiwa itu, seorang kakek tanpa identitas terjerumus dan kemudian tewas.

Ruas jalan lingkar selatan yang ambles merupakan jalur lambat di sisi selatan yang biasa dilewati sepeda kayuh dan sepeda motor. Titik ambles tersebut berada di atas gorong-gorong anak Sungai Gajah Wong dengan lebar 3 meter dan tinggi 2,5 meter. Peristiwa di ruas jalur lambat jalan lingkar selatan terjadi persis saat seorang kakek berusia sekitar 70 tahun melintas di atasnya. Akibatnya, kakek yang mengendarai sepeda kayuh tersebut terperosok dan tewas seketika.

"Korban mengalami luka parah karena terperosok dan tertimbun material jalan. Jenazah korban dibawa ke RS Wirosaban," ujar Kepala Urusan Pelaksana Jalan Nasional Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Devi Alcitra Candra, Minggu (20/1/2013).

Menurut Devi, amblesnya jalan itu disebabkan badan jalan di bagian dalam yang keropos akibat tergerus air hujan terus-menerus. Air hujan masuk melalui retakan-retakan aspal jalan dan kemudian menggerus tanah sehingga lapisan aspal serta batu-batuan di bagian atas runtuh hingga ke dasar sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com