Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilwalkot Bandung, 23 Juni 2013

Kompas.com - 19/01/2013, 22:51 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelaksanaan Pemilihan Walikota Bandung akan digelar pada 23 Juni 2013 mendatang. Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Apipudin saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu, (19/1/2013).

"Nanti pelaksanaanya akan digelar pada 23 Juni 2013. Sekarang KPU sedang melakukan beberapa tahapan terkait penyelenggaraan Pilwalkot," kata Apipudin, Sabtu, (19/1/2013).

Apipudin menjelaskan, ada tiga tahapan, yakni, tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Tahap persiapan, KPU akan melakukan pengukuhan dan penetapan pengurus KPU Kota Bandung dalam penyelenggaraan Pilwalkot. Pada tahap pelaksanaan, KPU akan melakukan adaptasi setelah calon perseorangan maupun partai politik (parpol) menyerahkan jumlah dukungan minimal 3 persennya dari jumlah penduduk kota Bandung yang dijadwalkan pada tanggal 10-14 Februari 2013.

Sementara itu, tahap pendaftaran calon walikota akan dimulai pada tanggal 11-17 Maret 2013 di KPU Kota Bandung. Selanjutnya, KPU akan menetapkan calon walikota dan calon wakil walikota setelah tanggal 17 Maret 2013.

Apipudin melanjutkan, cawalkot dan cawawalkot akan berkampanye sebelum 19 Juni 2013. Setelah masa tenang, pilwalkot pun digelar pada 26 Juni.

Jika berlangsung dua putaran, hal tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2013. Sementara, KPU akan melantik pasangan terpilih pada tanggal 16 September 2013.

"Jika memang terjadi dua putaran, kemungkinan jadwal pelantikannya dimajukan," jelasnya.

Hingga saat ini, KPU Kota Bandung belum bisa menyimpulkan siapa saja calon walikota dan calon wakil walikota Bandung periode 2013 - 2018 nanti. Nama-nama yang sekarang ini ramai dibicarakan yakni, Edi Siswadi (Sekda Kota Bandung sekarang ini), Ayi Vivananda (Wakil Walikota Bandung, sekarang ini), Tina Talisa, Ridwan Kamil dan Asep Dedi Ruyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com