Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Babel Punya Taman Budaya Tahun 2015

Kompas.com - 18/01/2013, 23:03 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com--Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan untuk memiliki taman budaya pada 2015.

"Kami telah membuat DED untuk pembangunan taman budaya, jadi diperkirakan pembangunan fisik dimulai tahun 2014 dan gedung  bisa beroperasi tahun 2015," kata  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Babel, Yan Megawandi di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, taman budaya tersebut nantinya akan difungsikan sebagai tempat pagelaran seni, baik yang terbuka maupun tertutup.

"Selain itu, taman budaya bisa digunakan sebagai tempat berkumpulnya komunitas seni se-Babe," ujar Yan.

Saat ini, Babel belum memiliki taman budaya. Gedung Kesenian yang ada di Babel digunakan sebagai kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Kami terpaksa pindah ke mari karena tidak memiliki kantor yang representatif, sebelumnya kami menumpang di rumah dinas wakil ketua DPRD selama empat tahun, lalu kami melihat gedung ini tidak dipakai, maka kami putuskan pindah kemari," ujar Yan.

Dengan tidak memiliki taman budaya, Yan mengatakan Provinsi Babel kehilangan kesempatan mendapatkan dana sebesar Rp2 miliar per tahun dari pusat.

"Padahal dana tersebut dapat digunakan untuk peningkatan kegiatan berkesenan di daerah kita," Yan menjelaskan.

Meski Dinas Pariwisata Babel memiliki fasilitas yang sangat minim, prestasinya cukup membanggakan daerah kepulauan yang kaya timah dan lada tersebut.

Salah satunya adalah berhasil menggelar acara bertaraf internasional yakni  "Visit Babel Archi 2010" dan Sail Wakatobi Belitung pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com