Jumat, 18 April 2014

News / Regional

Banjir di Karawang Meluas

Kamis, 17 Januari 2013 | 22:51 WIB

Baca juga

KARAWANG, KOMPAS.com - Banjir di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyusul tingginya curah hujan sejak beberapa hari lalu, Kamis (17/1/2013) ini kian meluas.

Pada hari sebelumnya, Rabu (16/1/2013), banjir hanya melanda tiga desa sekitar Kecamatan Telukjambe Barat, seperti Desa Karangligar, Desa Mekarmulya, dan Desa Mulyajaya.

Pada Kamis ini, daerah lain yang dilanda banjir ialah Desa Wadas dan Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, serta Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya.

Meluasnya daerah yang dilanda banjir terjadi, karena hujan deras yang terus mengguyur wilayah Karawang sejak Kamis dini hari hingga Kamis siang. Kondisi itu mengakibatkan debit air Sungai Citarum dan Sungai Cibeet meningkat sampai meluap ke pemukiman warga dan areal persawahan.  

Bupati Karawang, Ade Swara, sebelumnya mengingatkan masyarakat yang menjadi korban banjir di sejumlah desa, agar bersabar dalam menghadapi bencana alam banjir.

"Pemerintah daerah akan berusaha melakukan penanganan banjir dalam jangka panjang. Jadi diharapkan agar para korban banjir bisa bersabar dalam menghadapi banjir kali ini," kata bupati.

Dikatakannya, ke depan program pemerintah akan memperhatikan permasalahan bencana alam banjir. Hal itu seperti yang kini sudah dilakukan, yakni pengerukan sungai yang sudah sampai ke daerah Tanjung Pura. Diharapkan program pengerukan sungai selesai pada tahun depan.

Ia juga mengajak agar masyarakat bisa bekerja sama dalam melakukan antisipasi banjir yakni dengan menjaga lingkungan di sekitarnya masing-masing, sehingga Karawang tidak akan lagi menjadi daerah langganan banjir setiap tahun.

"Untuk penanganan banjir jangka pendek, sudah disiapkan berbagai jenis bantuan bagi para korban banjir. Semua bantuan itu didistribusikan langsung Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang," katanya.


Sumber: Antara

 


Penulis: Agus Mulyadi
Editor : Agus Mulyadi