Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg Golkar Harus Bisa Kampanye "3 in 1"

Kompas.com - 17/01/2013, 18:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Partai Golkar mematok syarat mutlak bagi calon legislatif (Caleg) 2014. Mereka dengan berbagai cara yang dimiliki, harus dapat mengkampanyekan poin "3 in 1" kepada calon konstituennya.

Poin 3 in 1 yang dimaksud adalah mengkampanyekan nomor 5 sebagai nomor urut Partai Golkar, Abu Rizal Bakrie sebagai calon presiden pada Pemilu 2014, dan mengampanyekan dirinya sendiri sebagai caleg dari Partai Golkar.

''Ini adalah syarat mutlak bagi semua caleg yang akan maju dari Partai Golkar,'' kata Wakil Bendahara Partai Golkar, Ridwan Hisjam usai Rakerda DPD Partai Golkar Jatim di Sidoarjo, Kamis (17/1/2013).

Pada 2014 mendatang, partai bergambar pohon beringin ini menargetkan 30 persen kursi legislatif, baik DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, hingga DPR RI.

''Target tersebut kami anggap cukup realistis mengingat elektabilitas partainya hingga saat ini cukup tinggi,'' terang mantan Cagub Jatim ini.

Selain memberi prioritas pada kader sendiri, pada pemilihan legislatif nanti, Partai Golkar mengaku relatif terbuka untuk semua caleg dari berbagai kalangan, termasuk artis. Asal jika terpilih sebagai anggota legislatif, artis tersebut harus berani mengakhiri karir keartisannya.

Sebanyak 10 partai politik nasional yang menjadi peserta pemilu mulai disibukkan dengan persiapan penyusunan daftar calon anggota legislatif yang akan diusung masing-masing partai. Pada tanggal 9-15 April 2013 mendatang, seluruh partai diharuskan menyerahkan daftar calon sementara (DCS). Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi caleg pada 16-22 April 2013. Penetapan daftar caleg tetap untuk tingkat DPR akan dilakukan pada 4 Agustus 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com