Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meletus Empat Kali, Lokon Lontarkan Lava Pijar

Kompas.com - 16/01/2013, 21:02 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Bunyi dentuman keras dan lontaran material lava pijar mengiringi letusan Gunung Lokon di Tomohon, Rabu (16/1/2013) pukul 19.39 Wita. Letusan tersebut merupakan letusan yang keempat kalinya pada hari ini.

Letusan pertama terjadi pada pukul 03.12 Wita. Letusan kedua pada pukul 09.45 Wita dan letusan ketiga pada pukul 15.33 Wita.

"Tinggi letusan malam ini setinggi 3.500 meter mengarah ke arah Timur Laut," ujar Danramil Kota Tomohon Kapten Kaveleri Ahmad Nurdin yang menghubungi Kompas.com.

Pihaknya dibantu seluruh anggota Koramil sedang menenangkan warga dan membagikan masker di Kinilow dan Kakaskasen. "Abu letusan jatuh di Kelurahan Kinilow, Kinilow 1, Kakaskasen 1, Kakaskasen 2, Tinoor 1, Tinoor 2, Rurukan dan Kumelembuay," tambah Ahmad Nurdin.

Sementara itu Petugas Pos Pemantau Gunung Lokon dan Mahawu, Suwarno menjelaskan bahwa pasca letusan, aktivitas Lokon masih terus terjadi. Hal itu ditandai dengan adanya gempa tremor maupun gempa vulkanik yang terus-menerus.

"Masih dimungkinkan adanya letusan susulan jika melihat indikasi dari gempa-gempa tersebut," jelas Suwarno.

Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon dan Mahau, Farid Ruskanda Bina meminta warga Tomohon untuk terus waspada dengan aktivitas yang ditunjukkan Lokon.

Gunung ini menjadi sangat aktif sejak tahun 2011. Sudah lebih dari 800 kali Lokon meletus sejak letusan hebat pada Juli 2011 lalu. Kini setiap minggu Lokon hampir pasti meletus. Bahkan dalam sehari Lokon bisa beberapa kali meletus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com