Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Siaga Darurat Masih Berlaku

Kompas.com - 15/01/2013, 19:19 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com -- Status siaga darurat masih berlaku di Negeri Lima, Maluku Tengah, Maluku. Pasalnya potensi jebolnya bendungan alam Wai Ela masih ada, sehingga bisa memicu terjadinya bencana banjir bandang pada Negeri Lima, yang penduduknya berjumlah 4.787 jiwa.

"Status siaga darurat yang diberlakukan pasca bendungan alam Wai Ela terbentuk, masih berlaku. Artinya potensi bencana banjir bandang akibat jebolnya bendungan masih ada," kata perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana J Tambunan yang hadir saat sosialisasi rencana simulasi tanggap darurat Negeri Lima, di Ambon, Selasa (15/1/2013).

Pejabat Pembuat Komitmen Pengelolaan Sumber Daya Air Konservasi, Balai Sungai Maluku, Leonard Elwarin mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya untuk menekan potensi jebolnya tanggul. Meski begitu, upaya-upaya itu belum bisa menghilangkan potensi tanggul jebol.

"Kami masih khawatir struktur tanggul tidak akan kuat menahan dorongan air yang terbendung. Terus bertambahnya titik rembesan air memperlihatkan hal ini. Sekarang ini jumlah titik rembesan air sudah 42 titik," tutur Leonard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com