Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Ikan, Harga Ikan Justru Mahal

Kompas.com - 14/01/2013, 16:54 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

 

AMBON,KOMPAS.com - Setiap musim barat seperti sekarang, ikan di perairan Maluku melimpah yang membuat nelayan menyebut musim ini sebagai musim ikan. Namun justru saat itu terjadi, harga ikan di pasaran mahal. Penyebabnya, kebanyakan nelayan tidak bisa melaut akibat cuaca ekstrem di perairan Maluku.

Pantauan Kompas di Pasar Ikan Arumbai, Ambon, Senin (14/1/2013), harga ikan cakalang yang biasanya Rp 5.000 per ekor, dijual Rp 10.000 . Kemudian ikan momar yang biasanya dengan uang Rp 10.000 bisa diperoleh sampai dua puluh ekor ikan, kini hanya bisa diperoleh tujuh ekor.

Syarifudin (40), salah satu pedagang ikan, mengatakan kenaikan harga terjadi sejak minggu lalu. Ini disebabkan banyak nelayan yang tidak melaut karena cuaca ekstrem. Akibatnya, pasokan ikan berkurang yang memicu kenaikan harga.

Menurutnya, ironis hal ini terjadi justru saat ikan sedang melimpah di perairan Maluku. Pada musim barat seperti sekarang,  ikan selalu melimpah sehingga nelayan menyebutnya sebagai musim ikan. Ikan hasil tangkapan nelayan bisa sampai lima ton setiap kali melaut.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com