Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Angin, Waspadai Pohon Tumbang

Kompas.com - 12/01/2013, 17:26 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sore ini, Sabtu (12/1/2013), wilayah Jakarta dilanda hujan angin. Jarak pandang di luar ruangan menjadi semakin terbatas, sementara angin mengembus sejumlah pohon besar. Hujan yang juga sesekali disertai petir ini paling banyak mengguyur wilayah selatan Jakarta.

Berkali-kali beredar peringatan agar mewaspadai pohon dan papan reklame tumbang. Sebelumnya, 82 pohon tumbang Kamis lalu ketika hujan disertai angin melanda Jakarta. Tidak hanya itu, cuaca buruk itu sempat memporak-porandakan peti kemas di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Akibat peristiwa itu, dua orang tewas, dua terluka, dan ada juga kendaraan warga yang mengalami kerusakan.

Sampai sore ini, informasi dari 11 titik pemantau ketinggian permukaan kali di Bogor, Depok, dan Jakarta masih normal. Belum ada permukaan kali yang melebihi batas normal. Berdasarkan data ini, potensi banjir dari luapan kali belum mengkhawatirkan.

"Lebih baik menghindari berlindung di dekat pohon besar dan papan reklame saat hujan angin terjadi," tutur Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD DKI Jakarta, Arfan Arklilie, kepada Kompas.

Sebagian besar pohon angsana dan akasia di Jakarta ditanam pada tahun 1970-an. Pohon yang saatnya diremajakan ini tersebar di sejumlah ruang publik, seperti jalan, taman, dan halaman kantor pemerintah. Proses peremajaan yang dimulai sejak tahun 1990 itu baru dilakukan untuk mengganti 30 persen pohon yang bermasalah.

Perkiraaan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika DKI Jakarta, kemarin, hari ini, dan besok hujan melanda wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. Hujan terjadi dalam skala ringan dan sedang mulai siang hingga malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com