Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Maluku Memulai Pengecekan Data Pemilih

Kompas.com - 11/01/2013, 16:33 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) pada Pilkada Maluku, 11 Juni 2013, diserahkan Pemerintah Provinsi Maluku ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, di Ambon, Maluku, Jumat (11/1).

Setelah penyerahan tersebut, kini KPU Maluku memulai pengecekan DP4 atau daftar pemilih sementara itu sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap.

Dalam DP4 ada 1.344.265 orang dari total penduduk di Maluku sebanyak 1.866.248 orang, yang berhak memilih pada hari pemungutan suara pilkada Maluku, 11 Juni 2013. Jumlah ini meningkat dibandingkan jumlah pemilih pada pemilu tahun 2009 yang jumlah pemilihnya 1,2 juta orang.

Ketua KPU Maluku Jusuf Idrus Tatuhey mengatakan setelah DP4 diserahkan, pengecekan akan dilakukan oleh KPU. Petugas pemutakhiran data pemilih di setiap desa/kelurahan akan mencek setiap nama di DP4.

Warga yang sudah memiliki hak pilih pun diharapkan aktif mencek supaya nantinya semua warga dengan hak pilih masuk daftar pemilih tetap, tambahnya.

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu usai penyerahan DP4 ke KPU, mengatakan data pemilih pemilu kerap menjadi persoalan saat pemilu. Karena itu, dia meminta KPU bekerja maksimal mencek nama-nama di data pemilih, dan memasukkan warga dengan hak pilih yang belum ada di data pemilih sementara. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com