Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Kapal Ikan Kalimantan, Tak Bisa Pulang

Kompas.com - 11/01/2013, 07:56 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Puluhan kapal penangkap ikan dari Balikpapan, Kalimantan Timur yang berlabuh di Pelabuhan Rakyat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, tidak bisa kembali melaut ke daerah asalnya. Sebab, pihak Syahbandar Kota Parepare mengeluarkan larangan melaut karena cuaca buruk dan gelombang yang tingginya mencapai 3 meter. Larangan itu berlaku hingga Jumat (3/1/2013) pagi.

" Kami di sini, sudah seminggu lebih, tidak bisa turun melaut karena cuaca buruk serta adanya surat edaran dari Syahbandar Parepare, makanya kami tidak bisa pulang," jelas Amiluddin, pemilik KM Ika Jaya 02.

Puluhan nelayan Kalimantan yang menjual hasil tangkapan Ke Parepare ini, hanya bisa pasrah. "Persediaan makanan di kapal sudah mulai habis. Sedangkan uang hasil penjualan ikan sudah mualai surut. Otomatis kita harus berhemat, karena saya khawatir kalau kita berlama-lama di Parepare ini, uang untuk membeli solar (BBM) juga akan kami pakai makan. Kami dalam satu kapal sekira delapan orang pekerja," ungkap Amiluddin.

Humas Syahbandar Kota Parepare, Muh Iqbal, dihubungi di ruang kerjanya, membenarkan sejumlah nelayan asal Kalimantan yang tidak di izinkan melaut. "Demi keselamatan kapal, kami mengeluarkan larangan melaut," jawab Iqbal singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com