Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Backhoe Bersihkan Lokasi Longsoran di Puncak

Kompas.com - 10/01/2013, 04:38 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bogor dan Dinas PU Kabupaten Cianjur masing-masing mengerahkan satu unit backhoe untuk membersihkan lintasan jalan Puncak - Cianjur yang tertutup longsoran tanah.

"Satu unit dari Bogor, yang satu lagi dari Cianjur. Pengerjaan sudah dimulai sekitar jam 5-an sore kemarin," terang Yahya, Koordinator Lapangan Dinas PU Kabupaten Bogor yang ditemui Kompas.com di lokasi longsor, Puncak Cianjur, Kamis (10/1/2013) dini hari.

Lokasi longsor terletak di Jalan Moch. Yamin sekitar 500 meter dari Puncak Pass. Dinding tembok setinggi 20-an meter runtuh bersama bongkahan tanah dan bebatuan.

Reruntuhan tersebut memanjang puluhan meter. Namun, lantaran terletak di jalur menurun, bongkahan tanah dan bebatuan ikut menutup lintasan jalan yang lebih panjang.

"Tadi cuma satu bagian yang runtuh. Tapi, saat pengerukan, bagian yang sebelahnya (depan Villa Villas) ikut roboh," jelas Yahya.

Pada pukul 02.00 WIB satu unit alat berat berukuran lebih besar tiba dari Jakarta. Dikatakan Yahya, kendaraan tersebut merupakan alat berat milik Kementerian PU yang dikirim untuk mempercepat proses perbaikan jalur.

Saat ini, sejumlah truk dari Kabupaten Bogor telah didatangkan untuk mengangkut material longsoran. Tanah dan bebatuan itu diangkut ke arah Cianjur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com