Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tenggelam di Selayar, 17 ABK Selamat

Kompas.com - 09/01/2013, 15:25 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Kapal Motor (KM) Emeline tenggelam di Perairan Tanakeke, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (8/1/2013) malam. Sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) ditemukan dalam keadaan selamat.

"17 ABK sempat terombang-ambing di atas lifecraft," kata Juru Bicara Badan SAR Nasional Makassar Hamsidar, Rabu (9/1/2013).

Hingga berita ini ditayangkan, belum diterima laporan rinci perihal kapal, termasuk asal keberangkatan dan lokasi tujuan. Penyebab kapal tenggelam juga masih perlu diselidiki. Namun, disinyalir kecelakaan itu dipicu cuaca ekstrem yang melanda kawasan Sulawesi Selatan selama hampir dua pekan terakhir.

Selama proses penyelamatan, tim SAR terhambat cuaca buruk dan gelombang laut yang tinggi. Beruntung, ada KM Mahakam River yang melintas dan membantu melakukan penyelamatan. "Semua ABK selamat," ujar Hamsidar.

Hamsidar mengatakan, KM Emeline tenggelam di posisi 06.17,5 Lintang Selatan-Bujur 118.53,62. Adapun, posisi lifecraft ditemukan pada posisi 0,6 derajat 17,7 menit 00 detik S -118 derajat 53,6 menit 00 detik E.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com