Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kambing Berkeliaran di Jalan Protokol Kefamenanu

Kompas.com - 05/01/2013, 14:11 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Sebelas ekor kambing bebas berkeliaran di jalan protokol atau Jalan Eltari, Kilometer 2, tepatnya depan kantor Kejaksaan Negeri Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (5/1/2013).

Keberadaan ternak itu sangat mengganggu pengguna jalan. Beberapa pengendara mobil maupun sepeda motor nyaris menabrak kambing-kambing yang tidak diketahui siapa pemiliknya itu. Bahkan ada pengendara sepeda motor yang kehilangan keseimbangan dan nyaris jatuh karena menghindari hewan ternak tersebut.

"Saya sudah bolak-balik lewat sini, tapi kambing-kambing ini belum juga diambil pemiliknya. Tadi saya hampir terjatuh hanya gara-gara mau menghindar sehingga saya sempat turun dan usir mereka, tetapi mereka kembali lagi untuk makan rumput yang berada di pinggir jalan maupun di tengah pembatas jalan," kata Daniel Abi, warga Kefamenanu kepada Kompas.com, Sabtu (5/1/2013).

Menurut Daniel, bukan hanya kambing yang sering berkeliaran bebas di sepanjang jalan protokol di Kefamenanu. Dia mengatakan, sapi, anjing, dan kuda juga sering terlihat di jalan utama itu. Daniel berharap pemerintah setempat segera mengambil tindakan terkait hal itu. 

"Yang namanya hewan ternak itu hidupnya di dalam kandang, bukan malah dibiarkan berkeliaran bebas. Pemerintah harus secepatnya membuat peraturan daerah (perda). Jika dilanggar akan dikenakan sanksi sehingga para pemilik ternak bisa punya tanggung jawab untuk mengontrol ternaknya," kata Daniel.

Saat dimintai komentar tentang hal itu, Wakil Bupati TTU Aloysius Kobes mengakui melalui pesan singkat bahwa belum ada peraturan khusus tentang hewan ternak yang berkeliaran di jalan raya. "Perda khusus belum ada, tapi nanti saya suruh Polisi Pamong Praja lihat dulu untuk tertibkan pemiliknya," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com