Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pekerja Tewas Tertimbun

Kompas.com - 05/01/2013, 03:00 WIB

Medan, Kompas - Tiga pekerja pembangkit listrik tenaga mikro hidro Karai di Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, tewas tertimbun bukit longsor di belakang mes mereka, Kamis (4/1) sekitar pukul 13.00. Saat kejadian para korban tengah istirahat makan siang di mes.

Para korban adalah Abbas (50) asal Jakarta, Armedi Ginting (35) asal Kabanjahe, Karo, dan Fredi (30) asal Balige, Toba Samosir. Ketiga korban sudah dievakuasi oleh pihak PLTMH. Hingga Kamis petang, jenazah mereka berada di RSUD Raya.

Kapolsek Raya Ajun Komisaris Sulaiman Sumanjuntak, yang dihubungi dari Medan, mengatakan para korban sudah berhasil dievakuasi. Pihak PLTMH memastikan tidak ada lagi korban tertimbun.

Ganggu transportasi

Bencana longsor yang melanda sejumlah wilayah di Jawa Tengah bagian selatan merusak beberapa infrastruktur publik, seperti jalan raya dan jembatan. Beberapa ruas jalur utama antarkabupaten dan antarprovinsi sempat terputus sehingga menghambat akses transportasi.

Ruas jalan nasional yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Barat di Jalan Panulisan, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, terputus hingga Jumat malam. Perbukitan di tepi jalan tersebut longsor di tiga titik dan menutup ruas jalan raya sejak Kamis malam.

Tiga titik longsor berada di antara stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Panulisan atau sekitar 200 meter sebelah timur perbatasan Jawa Barat hingga Gunung Telu, Desa Panulisan.

Kepala Balai Pelaksana Teknis Dinas Bina Marga Jateng Wilayah Cilacap Edy Gunawan mengatakan, pihaknya menurunkan 4 ekskavator, 2 alat bongkar muat, serta 12 truk untuk membersihkan material longsoran.

Ditargetkan Sabtu ini material sudah sepenuhnya dibersihkan dari badan jalan. Namun, diperkirakan lalu lintas belum dapat sepenuhnya pulih karena jalanan masih licin. Kepala BPBD Cilacap Wasi Ariyadi mengatakan, tanah longsor di jalur selatan Jateng mengakibatkan dua truk terjebak di antara material longsoran.  (WSI/GRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com