Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Itik dan Ayam di Lampung Mati

Kompas.com - 03/01/2013, 13:46 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Penyebaran varian baru avian influenza juga terjadi di Lampung. Ribuan ekor itik dan ayam mati mendadak dalam beberapa pekan terakhir.

Arsyad, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Kamis (3/1/2012) mengatakan, sepanjang Desember 2012 tercatat 6.627 itik dan 131 ekor ayam mati akibat virus avian influenza.

Kasus terbanyak kematian itik terjadi di Lampung Selatan dengan 3.123 ekor itik mati. Selain Lamsel, serangan avian influenza ini terjadi merata di sejumlah wilayah lainnya di Lampung yaitu Kota Metro, Pringsewu, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

"Untuk kasus kematian ayam, disebabkan strain virus lama yaitu 2.1.3. Sementara, pada kasus itik yang jumlahnya besar, yang menyerang adalah clade 2.3.2," tuturnya.

Varian clade 2.3.2 inilah yang juga turut mengakibatkan kematian banyak itik di Pulau Jawa. Menurutnya, serangan avian influenza clade 2.3.2 ini baru terjadi di Lampung akhir 2012 lalu.

Menurutnya, virus H5N1 yang menyerang ribuan itik di Lampung ini berasal dari Jawa. "Lalu lintas perdagangan unggas kan tinggi. Yang terkena itu kebanyakan itik yang dibeli dari Mojokerto dan Indramayu. Itik-itik dari sana banyak masuk ke Lampung karena murah," tuturnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com