Kamis, 24 Juli 2014

News / Regional

Kaliurang dan Vulcano Tour Destinasi Unggulan Sleman

Senin, 31 Desember 2012 | 03:54 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih mengandalkan objek wisata Kaliurang dan Vulcano Tour di kawasan Gunung Merapi sebagai destinasi unggulan wisata pada libur akhir tahun.

"Selain dua objek wisata alam lereng Gunung Merapi tersebut, destinasi unggulan lainnya adalah Candi Prambanan, Museum Gunungapi Merapi (MGM), dan Monumen Jogja Kembali (Monjali)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman Untoro Budiharjo, Minggu (30/12/2012).

Menurut dia, menjelang masa liburan akhir tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman melakukan berbagai persiapan guna memberikan layanan kepada wisatawan, di antaranya mengkondisikan destinasi wisata di kawasan Kaliurang, Vulcano Tour, dan desa wisata.

"Kami juga menempatkan petugas untuk monitoring berbagai objek wisata, seperti Menara Pandang dan Tlogo Putri di Kaliurang, kawasan Vulcano Tour dan Museum Gunungapi Merapi," katanya.

Sedangkan untuk memenuhi aspek keamanan objek wisata, pihaknya menjalin kerja sama dan berkoordinasi secara intensif dengan kepolisian di masing-masing lokasi, maupun dengan Polisi Pariwisata.

Ia mengatakan pada malam menjelang tahun baru nanti sejumlah atraksi hiburan akan digelar di sejumlah objek wisata, di antaranya di kawasan Kaliurang (Tlogo Putri).

Terkait dengan itu, Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS), Disbudpar Sleman, dan Pemerintah Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, berkolaborasi menyelengarakan rangkaian kegiatan dalam menyambut pergantian tahun dari 2012 ke 2013. Rangkaian kegiatan tersebut di antaranya pergelaran musik dangdut dari Ikatan Orkes Melayu (IKOM) Sleman, serta pesta kembang api.

"Kemudian tim pengelola objek wisata Volcano Tour di Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, menyelenggarakan acara pada Senin 31 Desember mulai pukul 20.30 WIB berupa pentas musik campursari dari Kreasi Sekar Langit," katanya.

Kemudian dilanjutkan dengan api unggun. "Pada Selasa 1 Januari 2013 dari pukul 10.00 hingga 16.00, digelar musik dangdut/orkes melayu," katanya.

Untoro mengatakan atraksi kesenian juga digelar di Desa Wisata Kembangarum, Kecamatan Turi, berupa kolaborasi musik etnis, baca puisi, pemutaran film layar lebar, tari topeng, serta pesta kembang api, dan peresmian rumah sesepuh.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: