Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru, Magelang Siapkan Seribu Kembang Api

Kompas.com - 31/12/2012, 02:53 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak lebih dari seribu kembang api dipastikan akan memeriahkan perayaan malam tahun baru 2013 di Kota Magelang Jawa Tengah. Tidak cukup itu, ratusan terompet juga telah dipersiapkan oleh pemerintah setempat yang nantinya akan ditiup oleh Wali Kota beserta jajarannya.

Sumartono, Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Pemkot Magelang, sekaligus Ketua panitia perayaan memaparkan bahwa pusat perayaan tahun baru akan diadakan di Alun-alun dan Sub Terminal Kebonpolo.

Ribuan kembang api itu nantinya akan disulut di Alun-alun sebanyak 80 persen, sedangkan sisanya di Sub Terminal Kebonpolo. "Tujuannya untuk memecah pusat keramaian," kata Sumartono, tanpa menyebutkan jumlah anggaran untuk kegiatan ini, Minggu (30/12/12).

Ditambahkan Sutomo, Kabag Humas, Protokol dan Santel Pemkot Magelang, kegiatan perayaann pergantian tahun ini juga akan dimeriahkan dengtan parade musik.

"Berbeda dengan tahun sebelumnmya, tahun ini, Wali Kota Magelang Sigit Widyoanindito akan memimpin langsung puncak perayaan di panggung di bawah water torn alun alun," ujar Sutomo.

Seain itu, Polres Magelang Kota juga akan memberlakukan Car Free Night, di sekitar kawasan Alun-Àlun mulai pukul 17.00 wib. Karenanya, pihak polres akan melakukan rekayasa lalulintas di sejumlah jalan protokol menuju kawan Alun-alun.

KBO Satlantas Polres Magelang Kota, Ipda Wagiyanto menuturkan, untuk proses pengalihan itu pihaknya sudah merencanakan dua alternatif. Alternatif pertama, kendaraan dari arah Yogyakarta, akan dikurangi melewati Jalan Soekarno-Hatta.

Sedangkan yang melewati Jalan Jendral Sudirman, Jalan Ikhlas, Jalan Tidar dan Jalan Tentara Pelajar, akan dialihkan menuju DI Panjaitan depan Mapolsek Magelang Tengah. Alternatif kedua dialihkan melalui Jalan Sutopo-Jalan Diponegoro-Jalan Pahlawan.

Sementara dari arah Semarang akan dialihkan melalui Jalan Urip Sumoharjo. "Kami juga telah mempersiapkan kantong-kantong parkir. Antara lain di halaman Kantor BPLKN, Jalan Mayjend Sutoyo, Kauman Barat, Jalan Kartini, Jalan Veteran dan Kantor Keuangan. Pengamanan semua kami tingkatkan," pungkas Wagianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com