Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permaisuri Sultan Ternate Mendaftar ke Demokrat

Kompas.com - 29/12/2012, 23:03 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com -- Setelah mendeklarasikan diri maju pada Pemilihan Gubernur Maluku Utara tahun 2013, Permaisuri Sultan Ternate Mudhafar Sjah yang juga anggota DPR RI, Boki Nita Budi Susanti akhirnya resmi mendaftarkan diri ke DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku Utara.

Boki Nita bahkan mengklaim dirinya mendapat dukungan dari Dewan Pimpian Pusat (DPP) Partai Demokrat di Jakarta untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Malut. Setelah menyerahkan formulir pendaftaran penjaringan calon gubernur ke kantor DPD Partai Demokrat Maluku Utara di Jalan Ahmad Yani, Sabtu (29/12/2012), Boki Nita mengklaim pencalonan dirinya sebagai Gubernur Maluku Utara mendapat dorongan penuh dari DPP Partai Demokrat.

"Jadi saya tetap maju bertarung, dan itu hanya sebagai kosong satu (calon gubernur, red) ya," tegas Boki Nita. Dia pun menyatakan siap memenuhi prosedur administrasi di Partai Demokrat terkait penjaringan calon gubernur. Karenanya, dia pun optimistis bakal mendapat rekomendasi dari Partai Demokrat untuk dijadikan sebagai perahu politiknya.

Sementara itu, Ketua DPD I Partai Demokrat Maluku Utara Rahmi Husen mengaku selain Boki Nita, sejauh ini sudah ada 11 orang yang mengambil formulir pendaftaran calon gubernur di DPD Partai Demokrat Malut. Rahmi menjelaskan, proses penjaringan calon gubernur oleh Partai Demokrat, terbuka untuk umum, baik kader partai maupun nonkader. Karenanya, Rahmi yang juga sebagai ketua penjaringan calon gubernur Partai Demokrat itu membantah pengakuan Boni yang menyatakan telah mendapat dukungan dari DPP Demokrat.

"Saya tegaskan kalau ada yang mengatakan dia mendapat dorongan maupun restu dari DPP Partai Demokrat itu bohong. Karena pada prinsipinya, hanya ada satu calon terpilih saja yang menjadi calon terbaik dari proses penjaringan ini, dan proses ini masih panjang," tegas Rahmi.

Sebab baginya, proses penjaringan di Partai Demokrat didahului dengan survei. Pelaksanaan survei itu pun dibantu oleh DPP Partai Demokrat untuk menentukan calon terbaiknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com