Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengemudi Sambil Tonton Video Mesum, Sopir Taksi Dipecat

Kompas.com - 28/12/2012, 05:30 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Operator Taksi Singapura, Comfort DelGro, memecat sopir taksinya yang kedapatan menonton video mesum ketika sedang mengemudi. Perbuatan sopir taksi ini sendiri dilaporkan oleh Zheng Xi Zhi, penumpang yang sedang dibawa sopir itu. Dalam surat pembaca yang dikirimnya ke harian Mandarin, Lianhe Zaobao, Zheng menuliskan bagaimana dia mendapati sopir itu sedang menonton video di ponselnya. Zheng mengeluhkan kelakuan mesum sopir itu, yang sangat tidak beretika dan membahayakan keselamatan penumpang.

"Video tersebut sangat berisik disertai dengan adegan sensual yang terlihat dengan eksplisit," urai Zheng.

Zheng mengatakan kelegaannya bahwa cucunya tidak ikut bersamanya di taksi itu. "Saya tidak dapat membayangkan jika cucu saya ada di taksi, mungkin saya harus menutup matanya," katanya.

Juru bicara Comfort DelGro, Tammy Tan, dalam rilisnya menjelaskan bahwa sopir tersebut telah dipecat. Tammy mengatakan bahwa mereka tidak akan menoleransi sedikit pun tindakan sopir yang membahayakan keselamatan penumpang, termasuk menonton video, apalagi video mesum yang jelas-jelas sangat tidak mendidik.

Tidak sekali ini, operator taksi ternama itu memecat sopirnya gara-gara menonton video. Desember tahun lalu, Comfort "menendang" keluar sopirnya yang sedang browsing video di ponselnya ketika sedang membawa penumpang. Undang-undang Lalu Lintas Singapura sendiri dalam Pasal 65 menyatakan menonton video di ponsel ketika sedang mengemudi merupakan pelanggaran serius yang membahayakan keselamatan penumpang. Hukuman yang dapat dijatuhkan adalah denda 1.000 dollar Singapura (sekitar Rp 8 juta) dan penjara maksimal 6 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com