Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Bugil Diunggah ke Facebook, Guru SMP Lapor Polisi

Kompas.com - 26/12/2012, 21:18 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com -- Kepolisian Resor Kediri, Jawa Timur, tengah menangani laporan NH, seorang perempuan yang berprofesi sebagai guru sebuah SMP di Kabupaten Kediri, Jawa Timur karena foto telanjangnya telah diunggah di jejaring sosial Facebook. Pelaku pengunggah foto tersebut dilaporkan atas nama Albert alias Pandu yang mengaku sebagai anggota Polri di Palembang.

Ironisnya, pria itu baru saja dikenalnya melalui jejaring sosial yang sama. Kejadian itu bermula dari keduanya berkenalan melalui Facebook, lalu saling menjalin komunikasi melalui saluran telepon. Hubungan tersebut berlanjut intensif dan mengarah pada hubungan dekat. Hingga pada pekan lalu, Pandhu meminta NH foto bugil dan dikirimkan melalui layanan pesan gambar.

Usai menerima gambar itu, Pandhu menelepon NH dan meminta uang sebesar Rp 6 juta jika tidak ingin foto itu diunggah ke jejaring sosial. Pria tersebut memberikan tenggang waktu pelunasan hingga Senin (24/12/2012). Namun belum habis tenggat waktu yang diberikan, foto tersebut telah terpampang di laman Facebook sehingga membuat wanita berusia kepala empat itu segera melapor kepada pihak berwajib.

"Laporannya sudah kami terima Selasa (25/12/2012) kemarin, dan saat ini masih dalam penyelidikan," kata Budi Nurtjahko, Kepala Subbag Humas Polres Kediri saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/12/2012).

Untuk mengantisipasi terjadinya kasus serupa, Budi menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati pada orang yang baru dikenal, serta secara arif dalam menggunakan teknologi. "Kami juga memberikan imbauan dengan menyebar brosur maupun pamflet agar masyarakat waspada," pungkas Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com