Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Lombok, Berlibur Sambil Belajar dan Berbagi

Kompas.com - 23/12/2012, 05:47 WIB
Kontributor Kompas TV, Abdul Latif Apriaman

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Berlibur tentu saja sangat mengasyikkan. Terlebih lagi kalau dibarengi dengan belajar dan berbagi. Itulah yang dilakukan rombongan Sanggar Sanggita Kencana Budaya, sebuah sanggar yang beraktivitas di bilangan Bintaro, Jakarta Selatan, ketika berlibur ke Lombok pada pekan ini.

Selama lima hari sejak Selasa (17/12/2012), sebanyak 28 orang dalam rombongan yang terdiri dari 14 anak anggota sanggar didampingi ibu masing-masing berkeliling ke sejumlah tempat wisata di Pulau Lombok, antara lain Kampung Sade, Gili Trawangan, Sukerare, dan sejumlah kawasan wisata lainnya.

"Saya tumben ke Lombok. Asyik, seru!" Kata Okky, salah seorang peserta ketika ditanya kesannya tentang lokasi-lokasi wisata yang dikunjunginya.

Yang tak kalah seru adalah apa yang dilakukan para anggota Sanggar Sanggita Kencana di Taman Budaya NTB, Sabtu (22/12/2012) sore. Di hadapan puluhan rekan-rekan sebaya, mereka memainkan tari-tarian yang selama ini mereka latih di Sanggar Gita Kencana. Kawan-kawan mereka yang menonton juga tak mau ketinggalan menjamu para tamu dengan menyuguhkan lagu-lagu bertemakan "ibu" karena kebetulan hari ini adalah Hari Ibu.

Sebelum pentas, anak-anak juga melukis topeng-topeng bersama yang kemudian dipajang menjadi latar arena pertunjukan. "Konsep liburan kami adalah berwisata, sambil belajar dan berbagi," kata Vita Valeska, pengelola Sanggar Gita Kencana.

Vita menjelaskan, dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, anak-anak akan belajar banyak hal yang tidak mereka peroleh di Jakarta. Dengan melukis dan pentas bersama, mereka akan belajar berbagi dengan rekan sebaya.

"Yang terpenting dari semua itu adalah rasa kekeluargaan peserta wisata yang semakin hangat," kata Vita, seraya menjelaskan bahwa konsep berlibur sambil belajar dan berbagi ini tahun sebelumnya mereka lakukan ke Bandung.

Keakraban sore itu semakin kental ketika tiap-tiap anak memberikan setangkai bunga kepada ibu-ibu mereka. "Selamat hari ibu," kata Keizia, siswa kelas III SD Auliya, Tangerang, sambil memeluk ibunya.

Maka lengkaplah sudah kebahagiaan yang dirasakan rombongan wisata Sanggar Gita Kencana. Kenangan lima hari berlibur, belajar, dan bermain di Lombok akan mereka bawa pulang ke Jakarta, Minggu (23/12/2012). "Tahun depan kami pengin datang lagi ke Lombok," kata Kiki Fitriati, salah seorang peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com