Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Senang Pemimpin

Kompas.com - 21/12/2012, 11:34 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com- Rakyat senang dengan figur pemimpin yang bisa ngemong dalam mengembangkan gaya kepemimpinannya. Gaya itulah yang mengantarkan figur calon kepala daerah memenangi pemilihan kepala daerah di Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik (Puskodak) Fisik Undip Semarang, Susilo Utomo, pada dialog akhir tahun 2012 di Kampus Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (21/12/2012).

"Pemimpin yang ngemong seperti hubungan bapak dengan anak. Itu juga yang mengantarkan Joko Widodo memenangi pilgub di DKI Jakarta," kata Susilo Utomo.

Susilo Utomo mengatakan, rakyat juga senang dengan pemimpin yang murah hati dan memiliki kapabilitas yang baik. Dalam pilgub 2013, akankah rakyat di Jawa Tengah siap untuk berubah. Perubahan itu diantaranya masihkah figur militer, yang diidentikkan sebagai figur tegas. Jika rakyat siap berubah, bukan tak mungkin orang sipil tampil memenangi pilgub Jateng mendatang.

Pakar komunikasi Fisip Undip Semarang Moh Yulianto mengemukakan, figur bakal calon akan memanfaatkan media sangat efektif untuk komunikasi politik dalam masyarakat kota.

Sebaliknya, rakyat di pedesaan lebih mengedepankan dialog dan komunkasi interaktif, egaliter dan populis. Bertemu langsung dengan bakal calon sangat berharga kebiasaan rakyat di desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com