Rabu, 20 Agustus 2014

News / Regional

Jenazah Korban Penembakan Poso Tiba di Makassar

Jumat, 21 Desember 2012 | 10:59 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Jenazah Briptu Ruslan, salah satu korban tewas dalam penembakan teroris di Poso, Sulawesi Tengah tiba di bandara internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (21/12/2012) sekitar pukul 08.15 Wita. Jenazah langsung dibawa ke kampung halamannya di Kampung Mattoanging, Desa Bontomanai, Kecamatan Labakkang, Pangkep untuk disemayamkan.

Jenazah Briptu Ruslan diterbangkan dari Poso ke Makassar menggunakan pesawat komersil Lion Air JT-781. Setibanya di bandara, disambut Kepala Bidang Propam Polda Sulselbar, Komisaris Besar Hendi Handoko, Kepala Polres Maros, Ajun Komisaris Besar Hotman Sirait dan perwakilan Brimob Polda Sulsel, Komisaris Sapari.

Saat dikebumikan, jenazah akan digelar upacara militer yang bertindak sebagai pimpinan upacara yakni Kepala Polres Pangkep, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Deni Hermana. Setelah diupacarakan di bandara yang disambut pejabat Polda Sulselbar, iring-iringan jenazah langsung menuju ke rumah duka yang berjarak sekitar 30 kilometer dari bandara.

Rencananya, jenazah akan dikebumikan setelah shalat Jumat di Taman Makam Pahlawan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. "(Jenazah) sudah dalam perjalanan menuju kampung halaman di Kabupaten Pangkep. Laporan Kepala Polres (Pangkep), akan dimakamkan di taman makam pahlawan. Pastinya saya belum tahu nama tempatnya," kata Kepala Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Sulsel, Komisaris Besar Ramdani Hidayat saat ditemui di sela-sela kegiatan gelar pasukan Operasi Lilin 2012 di Lapangan Karebosi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulselbar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Endi Sutendi yang dikonfirmasi mengatakan, penembakan terhadap anggota Brimob oleh kelompok bersenjata di Poso, Kamis (20/12/2012). Dalam penembakan itu, dari tujuh orang, tiga anggota meregang nyawa.

"Sebanyak satu regu anggota Brimob gabungan dari Brimobda Sulteng dan Brimob Kelapa Dua Depok diserang kelompok bersenjata dari atas bukit di Desa Kalora, Kecamatan Tambarana, Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Akibat serangan kelompok bersenjata tersebut, tiga anggota Brimob tewas dan tiga orang anggota brimob lainnya mengalami luka serius. Beberapa senjata anggota Brimob dirampas oleh kelompok bersenjata tersebut," katanya.


Penulis: Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Editor : Glori K. Wadrianto