Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direka Ulang, Pembunuhan Tim Sukses Pilkades

Kompas.com - 17/12/2012, 20:19 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Kasus pembunuhan dalam proses pemilihan kepala desa di Desa Udanwuh, Kaliwungu, Kabupaten Semarang direka ulang secara tertutup oleh Kepolisian Resor Semarang, Senin (17/11/2012) di Mapolres Semarang.

Tersangka, Marto Sumeri (59) memeragakan 12 adegan pembunuhan terhadap Triyono (52) warga RT 2 RW 3 Dusun Ngrancah, Desa Udanwuh, Kecamatan Kaliwungu. Dalam reka ulang yang dipimpin Kanit II Reskrim Polres Semarang Iptu Hartono terekam, kronologi pembunuhan bermula dari kesesalan korban yang beberapa kali mendatangi tersangka untuk diminta sebagai tim sukses salah satu calon kepala desa, namun selalu ditolak oleh tersangka.

Diduga kesal permintaannya tak dituruti, korban mendatangi lagi rumah tersangka Sabtu (24/11/2012) pukul 14.30 WIB. Tersangka yang sedang tidur di kursi sofa langsung dipukuli berulang kali sambil dimaki-maki. Bahkan korban sempat menyeret tersangka keluar rumah dan dipukuli.

Berusaha membalas korban
Tersangka masuk ke dalam rumah mengambil golok. Golok tersebut langsung disabetkan ke arah korban. Meski sempat melawan, korban akhirnya jatuh terkapar setelah mendapatkan sejumlah sabetan golok dari tersangka yang kalap.

Korban tewas dalam perjalanan ke rumah sakit di Boyolali. "Kami minta agar tersangka dikenai pasal 338 KUHP bukan pasal 351 KUHP. Tidak pas dan tak memenuhi rasa keadilan jika tersangka yang sengaja menghilangkan nyawa seseorang hanya dijerat pasal 351," ujar Alif Arifin, kuasa hukum keluarga korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com