Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Berpenghasilan Terbesar, Wali Kota Surabaya Tertawa

Kompas.com - 17/12/2012, 18:09 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menanggapi santai laporan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) yang menyebut bahwa penghasilan Wali Kota/Wakil Wali Kota Surabaya paling besar dibanding kepala daerah se-Indonesia di level kotamadya.

Wali Kota Risma hanya tertawa begitu mengetahui rilis yang diumumkan Minggu (16/12/2012) tersebut.

"Bu Wali sudah tahu itu dari kemarin, beliau kan sumbernya banyak. Respons beliau waktu tahu rilis itu ya ngguyu ae (hanya tertawa). Bu Wali hanya bilang "sugih aku lha an nek bayaranku sak mono (saya kaya kalau berpenghasilan sebanyak itu)," tegas Nanis Chairani, Kabag Humas Pemkot Surabaya menirukan ucapan Wali Kota, Senin (17/12/2012).

Nanis menambahkan, Wali Kota Risma juga sempat mengungkapkan keheranannya terkait dari mana, data yang dipakai Fitra untuk menyusun jumlah penghasilannya sehingga mendapatkan angka penghasilan per bulan Rp 194.122.808 dan per tahun Rp 2.329.473.690.

"Setahu saya, gaji bersih Ibu (Wali Kota) itu Rp 3,5 juta per bulan. Kalaupun ditambahkan dengan tunjangan, jumlahnya ndak sebesar laporan Fitra itu," sambung Nanis.

Rencananya, Pemkot Surabaya bakal menggelar jumpa pers terkait rilis dari Fitra tersebut, Selasa (18/12/2012). "Besok jumpa pers dengan satuan tiga (Bina Program, Bappeko, Dinas pendapatan dan Pengelolaan Keuangan). Nanti akan dijelaskan yang sebenarnya, supaya clear," jelas Nanis.

Yang jelas, sambung Nanis, Pemkot Surabaya menjunjung tinggi kejujuran sebagai langkah awal memerangi korupsi. Pantauan Surya, beberapa spanduk putih bertuliskan "Jujur adalah langkah awal memberantas korupsi," terbentang di beberapa titik di kantor Pemkot Surabaya.

Wali Kota Risma hari ini berada di Jakarta. Orang nomor satu di Pemkot Surabaya ini memberikan penjelasan tentang sistem pengelolaan keuangan di kantor Badan Pemeriksaan Keuangan Pusat (BPKP).

Dalam rilis Fitra tentang 'Catatan Akhir Tahun Anggaran 2012' Minggu (16/12/2012), tertulis penghasilan Wali Kota Surabaya per bulan adalah Rp 194.122.808 atau Rp 2.329.473.690 per tahun. Sementara itu Wawali Surabaya disebut berpenghasilan per bulan Rp 187.402.808, atau Rp 2.248.833.690 per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com